Pesatnya
perkembangan zaman yang diiringi dengan
perkembangan teknologi juga turut memicu persaingan dalam kebutuhan industri
masa kini. Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang menjadi alternatif
pengembangan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas untuk menangani sektor
Administrasi Bisnis. Menghasilkan tenaga Ahli Madya profesional
dalam bidang kesekretariatan dan administrasi perkantoran sesuai dengan
kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang berkeahlian tinggi dalam menagani
operasi perkantoran dan berwawasan konseptual yang baik untuk mengembangkan
sistem perkantoran bisnis secara menyeluruh.
Visi
Menjadi lembaga pendidikan vokasi yang unggul pada bidang Administrasi Bisnis di Asia tahun 2025Misi
Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Adnibistrasi Bisnis melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan orientasi pada kreativitas dan inovasi teknologi serta menyesuaikan dengan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat regional.Tujuan Program
Menghasilkan tenaga ahli madya profesioanal di bidang
Administrasi Bisnis yang mampu beradaptasi dengan perkembangan iptek, mempunyai
jiwa kewirausahaan serta memiliki kepribadian yang baik.
Sasaran dan Strategi
Sasaran program studi adalah menghasilkan lulusan yang
memnuhi standar kompetensi dunia industri bidang Administrasi Bisnis. Strategi
yang dilaksanakan adalah melalui peningkatan adalah melalui peningkatan
kualitas proses pembelajaran dengan mengikuti perkembangan teknologi,
peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat serta peningkatan
hubungan dunia industri dan asosiasi profesi.
Prospek Kerja
1. Staf administrasi
Salah satu
prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf
administrasi dari sebuah perusahaan. Posisi staf administrasi dalam perusahaan
sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan
masih banyak lagi.
2. Manajemen perusahaan
Seorang manajer
harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan
delegasi, serta mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan training. Selain
itu manajer harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas
perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.
Jika kamu adalah
lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan. Kamu bisa melamar di program yang biasanya diadakan
perusahaan-perusahaan besar. Dalam program ini kamu
sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu
miliki saja. Kamu akan didorong untuk mempelajari keseluruhan perusahaan
sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu.
3. Staf sumber daya manusia
Posisi lain di
perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis adalah staf
sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human
resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang
bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan
pegawai baru hingga kontrak kerjanya.
Selain itu, HRD
berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan. Jika
kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian
HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork,
komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, serta mampu mengembangkan
orang lain.
4. Staf pemasaran
Divisi pemasaran
dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya
dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan
lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran adalah melaksanakan tugas
sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi
fungsi divisi pemasaran.
5. Entrepreneur
Seorang lulusan
administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga
membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di
bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen,
ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran sangat berpotensi untuk
diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri.
Sebagai seorang
pengusaha, kamu harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu
bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu, kamu harus memiliki kegigihan
yang tinggi karena membangun bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan
rintangan.
6. Market research analyst
Lulusan
administrasi bisnis pun bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market
research analyst membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan
audiens mereka, apa produk yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan
produknya. Mereka pun membuat survei untuk memahami target yang mereka
teliti, dan melatih pewawancara bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan
survey. Setelah itu mereka akan menganalisis hasil dari penelitian
tersebut dan melaporkannya pada pihak manajemen.
Fasilitas Pendukung
1)
Labor Komputer
2)
Labor Pengetikan Manual
3)
Labor Pengetikan Electrik
4)
Labor Simulasi Bisnis
5)
Labor Komputer
Mata Kuliah
Ø Semester I :
Agama
Pancasila
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris 1
Pengantar Ekonomi
Dan Bisnis
Aplikasi Komputer
Pengolah Kata Dan Presentasi
Akuntansi
Perusahaan Jasa Dan Ritel
Pengantar
Manajemen
Keyboarding Skill
1
Etika Profesi
Ø Semester II :
Bahasa Inggris 2
Kewarganegaraan
Pelayanan Prima
Akuntansi Asset
Korenpondensi
Bisnis
Manajemen
Pemasaran
Aplikasi Komputer
Pengolah Angka
Keyboarding Skill
2
Manajemen
Perkantoran
Pengantar Ilmu
Administrasi
Ø Semester III :
Kesekretariatan
Komunikasi Bisnis
Pratikum
Perkantoran
Aplikasi Komputer
Akuntansi
English For
Business
Perilaku Konsumen
Manajemen
Operasional
Manajemen Keuangan
Dasar Perbankan
Manajemen Sumber
Daya Manusia (leadership)
Ø Semester IV :
Manjemen Penjualan
English For
Secretary
Protokoler /
Kesekretariatan Lanjutan
Negosiasi Bisnis
Public Relation
Manajemen
Kearsipan
Hukum Bisnis
Bahasa Mandarin 1
Statistik
Aplikasi Komputer
Pengolah Basis Data
Ø Semester V :
Metode Penelitian
Web Design
Administrasi
Ekspor Impor
English For Public
Speaking
Manajemen Event
Bahasa Mandarin 2
Ø Semester VI :
PKL
Tugas Akhir
Simulasi Bisnis
Kewirausahaan
E-Commerce
Para staf pengajar Program Studi
Administrasi Bisnis sudah menempuh pendidikan S2 dan S3 sehingga para dosen
dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi dalam mengajar. Untuk mahasiswa yang
belajar di ruangan labor wajib menggunakan baju labor dan sepatu kantor guna memberikan
kesan profesional dan rapi saat berada di kantor. Prodi Administrasi Bisnis ini
juga melakukan kegiatan kunjungan kebeberapa industri yang didampingi oleh
dosen dengan tujuan pengenalan dunia industri bagi para mahasiswa dan memberikan
aplikasi langsung dari berbagai mata kuliah. Pada saat akhir semester, setiap
mata kuliah mahasiswa diminta untuk melakukan Project Best Learning yaitu
dengan mempraktekan ilmu yang telah di pelajari kepada perusahaan / UMKM.
Mahasiswa diminta untuk mengumpulkan data kemudian diolah dan di presentasikan
dan nilainya dijadikan sebagai nilai UAS.
Pada saat di semester 5, mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di instansi – instansi pemerintah / swasta. Dengan tujuan untuk Membandingkan ilmu pengetahuan yang didapat dengan yang diterapkan di lapangan serta melatih mahasiswa untuk bekerja mandiri dan bekerjasama. Sebelum melaksanakan PKL, untuk 2 bulan pertama mahasiswa melaksanakan pembelajaran di kampus yang disebut juga dengan semester pendek. Untuk tempatnya mahasiswa sendiri yg menentukan dimana akan melaksanakan PKL tersebut, kemudian pihak UPT Kerjasama membuatkan surat pengantarnya.
Referensi
https://www.pnp.ac.id/business/
https://siak.pnp.ac.id/prakuliah/?do=fb37ca2f828c815a113dae63255341e6
Politeknik Negeri Padang
No comments:
Post a Comment